Selasa, 23 April 2013

Struktur Bumi


Bumi merupakan salah satu planet yang terbentuk dari batuan yang memiliki lempeng tektonik yang aktif. seperti yang kita ketahui bahwa permukaan bumi yang kita huni terdiri dari berbagai bentukan seperti ; gunung, lembah, danau, bukit, sungai, dll. adanya bentukan-bentukan tersebut membuat permukaan bumi menjadi tidak rata yang biasa di sebut juga relief bumi.
struktur bumi 450x377 Mengenal Lapisan Bumi dan Struktur Bumi
Adapun kandungan utama yang ada di dalam bumi antara lain ; besi (32,1%), oksigen (30,1%), silikon(15,2%), magnesium (13,9%), sulfur (2,9%), nikel (1,8%), kalsium (1,5%), alumunium (1,4%), dan 1,2% selebihnya adalah unsur-unsur lain.

Lapisan Bumi

Menurut komposisi (jenis dari material)nya, bumi dapat di bagi menjadi beberapa lapisan seperti berikut :
  1.  Kerak bumi
  2. Mantel bumi
  3. Inti bumi
Sedangkan menurut sifat mekanik (sifat dari material) -nya, bumi dapat di bagi menjadi beberapa lapisan seperti berikut :
  • Litosfir
  • Astenosfir
  • Mesosfir
  • Inti bumi bagian luar ; mempunyai tebal sekitar 2250km yang terdiri dari besi dan nikel cair
  • Inti bumi bagian dalam ; mempunyai tebal sekitar 1200km yang terdiri dari besi dan nikel padat dengan temperatur mencapai 3900ยบ C
Itu tadi penjelasan singkat mengenai lapisan bumi dan struktur bumi, semoga dengan begitu kita bisa lebih mengenal bumi serta menjaganya agar terus hijau alami sehingga membuat bumi kita menjadi lebih baik, semangat go green.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar